Panduan Menggunakan Planet Edu

Mereset Server

Setelah Anda mengganti IP Address Mini Server, mengganti username atau password administrator, suatu saat mungkin Anda lupa yang menyebabkan Anda tidak dapat lagi mengakses Mini Server ini. Kami telah menyiapkan solusi dari masalah ini jauh sebelum masalah tersebut terjadi.

Reset jaringan hanya akan mengatur ulang jaringan ethernet (LAN kabel), sedangkan jaringan dengan Wifi tidak diatur ulang. Pengaturan jaringan Wifi dapat dilakukan setelah pengaturan jaringan ethernet dengan menghubungkan server ke PC menggunakan kabel LAN atau menggunakan router eksternal.

Anda dapat mereset IP Address Mini Server, username dan administrator administrator dengan sangat mudah. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan sebuah flash disk dengan format FAT atau FAT 32. Jangan gunakan format lain.
  2. Download file ms-reset-network.bin untuk mereset IP Address dan file ms-reset-admin.bin untuk mereset username dan password administrator. File ini juga dapat Anda download di website resmi Mini Server. Anda dapat mendownload salah satu atau keduanya sesuai dengan kebutuhan.
  3. Masukkan file tersebut ke dalam flash disk dengan format FAT atau FAT 32. Flash disk tidak harus kosong.
  4. Pasang flashdisk tersebut ke Mini Server.
  5. Matikan Mini Server dengan cara mencabut adaptor dari sumber listrik atau dari Mini Server.
  6. Nyalakan Mini Server dengan cara memasang kembali adaptor ke sumber listrik dan Mini Server. Tunggu hingga lebih kurang 2 menit.
  7. Matikan kembali mini server dengan cara mencabut adaptor dari sumber listrik atau dari Mini Server.
  8. Cabut flash disk dari Mini Server.
  9. Nyalakan kembali Mini Server dengan cara memasang kembali adaptor ke sumber listrik dan Mini Server.
  10. Jika berhasil, maka IP Address server, username dan password administrator akan kembali lagi seperti pada saat Anda membeli Mini Server. Semua data di dalam Mini Server tidak terganggu.