Panduan Menggunakan Planet Edu

Menghidupkan Server Dengan Power Bank

Jika listrik tiba-tiba padam pada saat ujian sedang berlangsung, maka siswa tetap dapat melanjutkan ujian. Caranya adalah dengan menghidupkan server menggunakan power bank. Siswa dapat mengirimkan jawaban setelah server selesai booting. Server membutuhkan waktu untuk booting sekitar 1 hingga 2 menit. Siswa dapat menyambungkan perangkatnya kembali ke access point setelah server kemudian melanjutkan ujian dan mengirimkan jawabannya.

Server Pico Edu dapat dihidupkan dengan menggunakan power bank handphone dengan kapasitas minimal 5000 mAh. Untuk satu kali isi penuh, power bank dengan kapasitas 7800 mAh dapat menghidupkan server hingga 17 jam sedangkan power bank dengan kapasitas 10000 mAh dapat menghidupkan server hingga 22 jam pada pemakaian normal. Waktu ini tentu saja akan relatif terhadap beban server selama beroperasi.

Tips

Jika Anda berada di daerah yang sering mengalami pemadaman listrik dan siswa mengikuti ujian dengan laptop dan smartphone, sebaiknya Anda menghidupkan server Pico Edu langsung dengan menggunakan power bank yang telah terisi penuh. Dengan demikian, apabila listrik tiba-tiba padam, maka tidak akan mengganggu pelaksanaan ujian.