Panduan Menggunakan Planet Edu

Menggunakan Editor HTML

Editor HTML merupakan editor WYSIWYG yang mengandung pengertian bahwa tampilan pada editor sama dengan tampilan hasilnya. Editor HTML ini dapat berjalan dengan baik di browser Mozilla Firefox. Pada browser lain, beberapa fitur sulit digunakan atau bahkan tidak dapat digunakan sama sekali. Dengan demikian, pengguna harus memilih browser yang disarankan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Fitur-fitur pada editor HTML ini dapat digunakan untuk membuat informasi, artikel, dan soal ujian. Fitur-fitur tersebut umumnya dapat dioperasikan dengan memilih ikon pada toolbar di bagian atas editor. Beberapa fitur lain dapat dioperasikan dengan menggunakan tombol pintas seperti Ctrl+X, CTRL + C, CTRL + V, dan sebagainya. Cara menggunakannya sama saja namun tempat penyimpanan file disesuaikan dengan modul yang digunakan. Berikut ini merupakan penjelasan dari masing-masing ikon pada editor HTML.

HTML Editor

Paste From Word

Paste from word merupakan fitur untuk menyalin teks dari aplikasi Microsoft Word. Fitur ini dapat membuang kode CSS yang ikut serta pada saat proses copy dan paste yang menyebabkan tampilan teks menjadi kacau pada beberapa browser. Dengan menggunakan fitur ini, tampilan teks akan menjadi rapi dan mengikuty style aplikasi.

Setelah ikon paste from word diklik, editor akan menampilkan dialog untuk menyalin teks dari Microsoft Word. Tekan CTRL + V atau klik kanan pada dialog kemudian pilih menu Paste. Klik tombol Insert untuk memasukkan teks ke dalam editor.

Paste as Plain Text

Paste as plain text dapat digunakan untuk menyalin teks dari aplikasi lain. Dengan fitur ini, teks yang disalin adalah teks murni (plain text) sedangkan format teks tersebut diabaikan.

Setelah ikon paste as plain text diklik, editor akan menampilkan dialog untuk menyalin teks dari Microsoft Word. Tekan CTRL + V atau klik kanan pada dialog kemudian pilih menu Paste. Klik tombol Insert untuk memasukkan teks ke dalam editor.

Undo

Undo adalah fitur untuk membatalkan aksi sebelumnya. Cara cepat untuk mengakses fitur ini adalah dengan menekan CTRL + Z.

Redo

Redo adalah fitur untuk membatalkan pembatalan sebelumnya. Cara cepat untuk mengakses fitur ini adalah dengan menekan CTRL + Y.

Find and Replace

Find and replace adalah fitur untuk mencari dan atau mengganti teks pada editor. Cara cepat untuk mengakses fitur ini adalah dengan menekan CTRL + F.

Bold

Bold adalah fitur untuk membuat teks yang dipilih menjadi tebal. Sebelum menggunakan fitur ini, pengguna harus memilih teks yang akan ditebalkan. Cara cepat untuk mengakses fitur ini adalah dengan menekan CTRL + B.

Italic

Bold adalah fitur untuk membuat teks yang dipilih menjadi miring. Sebelum menggunakan fitur ini, pengguna harus memilih teks yang akan dimiringkan. Cara cepat untuk mengakses fitur ini adalah dengan menekan CTRL + I.

Underline

Underline adalah fitur untuk membuat teks yang dipilih menjadi bergaris bawah. Sebelum menggunakan fitur ini, pengguna harus memilih teks yang akan digarisbawahi. Cara cepat untuk mengakses fitur ini adalah dengan menekan CTRL + U.

Strikethrough

Strikethrough adalah fitur untuk membuat teks yang dipilih menjadi tercoret di tengah. Sebelum menggunakan fitur ini, pengguna harus memilih teks yang akan dicoret.

Format Block

Format block adalah fitur untuk mengganti format blok menjadi sebuah paragraf, heading, preformated, dan sebagainya. Khusus untuk heading H1 sampai dengan H6, pengguna dapat memilihnya dengan kombinasi tombol CTRL + 1, CTRL + 2, CTRL + 3, CTRL + 4, CTRL + 5, dan CTRL + 6.

Font Family

Font family adalah fitur untuk memilih keluarga font. Perlu dicatat bahwa font yang dipilih harus ada pada perangkat klien agar efektif. Browser akan secara otomatis memilih font lain jika font yang ditentukan tidak ada pada perangkat tersebut.

Align Left

Align left adalah fitur untuk membuat teks menjadi rata kiri.

Align Right

Align right adalah fitur untuk membuat teks menjadi rata kanan.

Align Full

Align full adalah fitur untuk membuat teks menjadi rata kiri dan kanan.

Direction Left to Right

Direction left to right adalah fitur untuk memilih bahasa yang memiliki arah dari kiri ke kanan.

Direction Right to Left

Direction right to left adalah fitur untuk memilih bahasa yang memiliki arah dari kanan ke kiri. Beberapa bahasa yang memiliki arah dari kanan ke kiri adalah sebagai berikut:

  1. Arabic script (Arab 160, Arab 161) – digunakan untuk Bahasa Arab, Persian, Urdu dan banyak bahasa lain.
  2. Hebrew alphabet (Hebr 125) – digunakan untuk Hebrew, Yiddish beberapa bahasa Yahudi.
  3. Syriac alphabet (Syrc 135, variants 136–138 Syrn Syrj Syre) – digunakan oleh banyak variasi bahasa Syriac.
  4. Samaritan alphabet (Samr 123) – sangat berhubungan dengan Hebrew, digunakan untuk penulisan Samaritans.
  5. Mandaic alphabet (Mand 140) – sangat berhubungan dengan Syriac, digunakan untuk bahasa Mandaic.
  6. Thaana (Thaa 170) – digunakan untuk Dhivehi.
  7. Mende Kikakui (Mend 438) – untuk Mende di Sierrra Leone. Dirancang oleh Mohammed Turay dan Kisimi Kamara di akhir abad ke-19. Masih digunakan tapi hanya sekitar 500 orang.
  8. N'Ko script (Nkoo 165) – dirancang untuk bahasa Manding dari Afrika Barat.
  9. Adlam (Adlm 166) – dirancang pada tahun 1980an untuk menulis bahasa Fula di Afrika Barat dan Tengah.

(Sumber: Wikipedia)

Insert/Remove Numbered List

Insert/remove numbered list adalah fitur untuk membuat teks menjadi daftar bernomor atau untuk menormalkannya kembali menjadi paragraf.

Insert/Remove Bulleted List

Insert/remove bulleted list adalah fitur untuk membuat teks menjadi daftar tak bernomor atau untuk menormalkannya kembali menjadi paragraf.

Increase Indent

Increase indent adalah fitur untuk menggeser teks ke kanan.

Decrease Indent

Decrease indent adalah fitur untuk menggeser teks ke kiri.

Block Quote

Block quote adalah fitur untuk membuat kutipan atau untuk menormalkan kembali kutipan menjadi paragraf biasa.

Show/Hide Guidelines/Invicible Element

Fitur ini digunakan untuk menampilkan atau menyembunyikan garis bantu atau elemen yang tak terlihat. Sebagai contoh adalah ketika pengguna memasukkan tabel dengan border 0. Jika garis bantu dihilangkan, maka pengguna akan sulit mengetahui batas masing-masing sel tabel.

Select Text Color

Select text color adalah fitur untuk mewarnai teks yang dipilih. Sebelum menggunakan fitur ini, pengguna harus memilih teks yang akan diwarnai.

Select Background Color

Select background color adalah fitur untuk mewarnai latar teks atau sel tabel yang dipilih. Sebelum menggunakan fitur ini, pengguna harus memilih teks atau sel tabel yang akan diwarnai.

Remove Formating

Remove formating adlah fitur untuk menghapus format teks dan akan mengembalikannya menjadi normal.

Insert/Edit Anchor

Insert/edit anchor adalah fitur untuk membuat bookmark atau penanda di sebuah halaman. Penanda ini dapat dirujuk oleh sebuah tautan yang akan memaksa browser menggulung halaman ke atas atau ke bawaah untuk menampilkan penanda tersebut tepat di atas halaman.

Insert/Edit Link

Insert/edit link adalah fitur untuk memasukkan atau mengubah sebuah tautan. Objek tautan dapat berupa teks atau gambar. Editor akan membuat tautan menjadi relatif apabila tautan tersebut berasal dari server yang sama.

Unlink

Unlink adalah fitur untuk menghapus tautan tanpa menghapus objek yang digunakan untuk membuat tautan tersebut.

Insert/Edit Image

Insert/edit image adalah fitur untuk memasukkan atau mengubah gambar. Pada browser Mozilla Firefox, pengguna dapat memasukkan gambar dengan beberapa cara, di antaranya adalah dengan menggunakan ikon insert/edit image, copy-paste dari aplikasi gambar, copy-paste gambar dari server lain, dan dengan cara drag and drop file dari File Manager (Windows Explorer misalnya) ke dalam editor.

Catatan

Hindari copy-paste gambar dari server lain karena browser biasanya hanya mengambil URL file gambar dan tidak menyalin gambar tersebut ke server Planet Edu. Cara paling baik adalah dengan mendownload gambar tersebut kemudian menguploadnya ke server Planet Edu.

Fitur insert/edit image diintegrasikan dengan file manager server Planet Edu. Selengkapnya tentang cara menggunakan file manager, klik di sini.

Insert/Edit Image

Insert/Edit Image

Insert/Edit Image

Insert/Edit Image

File Manager

Untuk membuka file manager server, pilih ikon di sebelah kanan kotak edit Image URL. Jika gambar yang akan dimasukkan berada di dalam harddiks atau flashdisk, upload gambar tersebut menggunakan file manager dengan memilih ikon Upload File.

Insert/Edit Embedded Media

Insert/edit embedded media adalah fitur untuk memasukkan media seperti video, audio, dan lain-lain. Planet Edu tidak mendukung format sockwave dan flash. SVG dapat dimasukkan sebagai sebagai sebuah file dengan ekstensi .svg. SVG dapat dirender di hampir semua browser modern.

Pada saat pengguna mengklik ikon insert/edit embedded media, editor akan menampilkan dialog untuk memasukkan media. Pilih jenis media yang akan dimasukkan kemudian pilih file/URL media yang akan dimasukkan. Untuk memilih media yang akan dimasukkan, klik ikon di sebelah kanan kotak edit File/URL. Editor akan menampilkan file manager server.

Insert/Edit Media

Insert/Edit Media

Insert/Edit Media

Pada Planet Edu, insert/edit embeded media hanya ditujukan untuk memasukkan audio atau suara ke dalam soal ujian. Format audio haruslah format yang didukung oleh semua browser yang digunakan oleh siswa seperti .mp3 dan .ogg. Disarankan untuk mengompres file audio yang dimasukkan ke dalam soal dengan cara klik kanan pada file audio yang akan dikompres kemudian pilih menu Compress Audio. Kompresi audio ini akan membuat ukuran file audio menjadi lebih kecil sehingga akan lebih cepat diakses oleh siswa ketika melaksanakan ujian dan juga akan meringankan beban server.

Compress Audio

Insert Special Character

Insert special character adalah fitur untuk memasukkan karakter spesial.

Insert Quran

Insert Quran adalah fitur untuk memasukkan ayat suci Al Quran dalam 3 bahasa yaitu bahasa Arab, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris. Ayat dapat dimasukkan satu persatu dan juga bisa dimasukkan secara seri. Pengguna juga dapat memilih apakah akan memasukkan nomor ayat atau tidak.

Insert Quran

Superscript

Superscript adalah fitur untuk membuat superscript sperti pangkat, catatan kaki, dan sebagainya.

Subscript

Subscript adalah fitur untuk membuat subscript sperti pada rumus molekul kimia.

Latex

Latex adalah fitur untuk memasukkan persamaan matematika dalam format latex. Fitur ini juga dapat digunakan untuk menyalin persamaan dari Microsoft Word.

Insert/Edit Latex

Equation Editor

Equation editor adalah editor untuk membuat persamaan matematika. Equation editor ini lebih memudahkan pengguna yang tidak akrab dengan format latex.

Insert/Edit Equation

Molecule Editor

Molecule editor adalah fitur untuk membuat ikatan dan rumus molekul kimia.

Molecule Editor

Molecule Editor

Hasil dari editor molekul di atas adalah sebagai berikut:

Molecule Editor

Graphic Editor

Graphic Editor adalah fitur untuk memasukkan fungsi ke editor. Pengguna dapat menggabungkan dua fungsi atau lebih ke dalam sebuah grafik.

Graphic Editor

Insert/Edit Chart

Insert/edit chart adalah fitur untuk memasukkan diagram batang dan diangram garis ke dalam editor.

Pengguna dapat membuat judul diagram, keterangan untuk sumbu x dan sumbu y, label waktu, serta data dengan banyak series. Untuk menambahkan series, klik ikon + pada Series sedangkan untuk menghapus series, klik ikon -. Untuk menambah data, klik ikon + pada Rows sedangkan untuk menghapus series, klik ikon -. Masukkan data pada tiap-tap series.

Tinjauan diagram dapat dilihat pada tab Chart. Data dapat diubah kembali sesuai dengan kebutuhan.

Untuk memasukkan diagram ke editor, klik tombol Insert sedangkan untuk membatalkannya, klik tombol Cancel. Diagram akan dimasukkan ke dalam editor sebagai gambar raster dengan format PNG transparan 32 bit. Pada saat disimpan, Planet Edu akan menyimpan data tersebut sebagai file PNG sehingga akan mengurangi beban database untuk menyimpan gambar.

Diagram juga dapat disalin dari satu editor ke editor lain. Apabila penyalinan dilakukan dari server offline ke server online, pengguna perlu merender ulang diagram tanpa harus memasukkan data dari awal.

Setelah disimpan ke server, diagram ini dapat diubah kembali. Data-data yang dibuat sebelumnya akan dimasukkan kembali ke chart kemudian dapat ditambah, diubah, atau dihapus. Selanjutnya pengguna dapat menyimpan diagram yang baru.

Apabila pengguna ingin menghapus gambar lama, buka file manager dengan cara mengklik icon Insert/Edit Image kemudian hapus file gambar diagram yang lama secara manual. Meskipun file diagram terhaapus dari server, apabila diagram tersebu masih tersimpan di editor, pengguna dapat membut kembali diagram tersebut tanpa harus memasukkan data diagram secara manual dari awal.

Diagram memiliki 3 ukuran yaitu narrow, standard, dan wide. Ukuran narrow adalah digram kecil dengan ukuran 300x180 pixel. Ukuran ini hanya untuk diagram yang sederhana dan tidak cocok untuk semua diagram. Ukuran narrow akan sulit untuk dibaca. Ukuran standard adalah diagram sedang dengan ukuran 500x360 pixel. Ukuran ini sangat cocok untuk semua diagram. Ukuran standard lebih lega sehingga data mudah dibaca. Ukuran wide adalah diagram dengan ukuran yang lebih besar yaitu 640x384 pixel. Ukuran ini hanya cocok untuk halaman yang lebar. Ukuran wide akan sulit dibaca menggunakan handphone karena perubahan ukuran akan membuat gambar menjadi kabur dan mungkin akan menyebabkan beberapa informasi tidak terbaca.

Tampilan Tab Data

Chart

Chart

Tampilan Diagram

Chart

Chart

Tampilan Hasil Render

Chart

Chart

Insert Horizontal Line

Insert horizontal line adalah fitur untuk memasukkan garis horizontal.

Insert/Edit Table

Insert/edit table adalah fitur untuk memasukkan dan mengubah properti dari sebuah tabel. Pengguna dapat dengan mudah memasukkan tabel ke dalam editor. Pengguna dapat menentukan lebar tabel dan berapa banyak kolom serta baris dari tabel. Untuk tabel yang memenuhi halaman, gunakan lebar 100%. Untuk tabel dengan garis-garis, gunakan border 1.

Selain dengan cara membuat tabel secara manual di editor HTML, pengguna juga dapat menyalin tabel dari Microsoft Word. Untuk menyalin tabel dari Microsoft Word, gunakan fitur paste from word.

Table

Table

Table Row Properties

Table row properties adalah fitur yang digunakan untuk mengatur properti dari baris tabel.

Table Cell Properties

Table cell properties adalah fitur yang digunakan untuk mengatur properti dari sel tabel.

Insert Column After

Insert column after adalah fitur untuk menambah kolom setelah kolom yang sedang dipilih.

Insert Column Before

Insert column before adalah fitur untuk menambah kolom sebelum kolom yang sedang dipilih.

Insert Row After

Insert row after adalah fitur untuk menambah baris setelah baris yang sedang dipilih.

Insert Row Before

Insert row before adalah fitur untuk menambah baris sebelum baris yang sedang dipilih.

Delete Column

Delete column adalah fitur untuk menghapus kolom yang sedang dipilih.

Delete Row

Delete row adalah fitur untuk menghapus baris yang sedang dipilih.

Delete Table

Delete table adalah fitur untuk menghapus tabel yang sedang dipilih.

Edit HTML Source

Edit HTML source adalah fitur untuk mengubah kode HTML dari konten yang ada di dalam editor. Jika Anda tidak memiliki pengetahuan tentang HTML, disarankan untuk tidak mengubah kode HTML.

Preview

Preview adalah fitur untuk menampilkan konten dari editor termasuk untuk memainkan audio dan video yang ada di dalam editor. Tampilan ini akan mendekati tampilah hasilnya kecuali font, jarak antar baris, dan lebar halaman yang tergantung dari tema.