Panduan Menggunakan Planet Edu

Memperbarui Versi Aplikasi

Aplikasi Planet Edu didesain untuk selalu menyesuaikan dengan kebutuhan di sekolah terutama menyesuaikan dengan peraturan dari pemerintah. Untuk itu versi aplikasi harus selalu diperbarui.

Untuk memperbarui versi aplikasi, server Planet Edu harus terhubung dengan internet selama proses update berlangsung.

Adapun langkah-langkah untuk memperbarui aplikasi Planet Edu adalah sebagai berikut:

  1. Buka pengaturan jaringan ethernet server Planet Edu.
  2. Pastikan bahwa IP address ethernet server Planet Edu berada di satu jaringan dengan router di mana server Planet Edu akan dipasang.
  3. Pastikan bahwa IP address ethernet server Planet Edu tidak bentrok dengan host lain pada jaringan tersebut.
  4. Hubungkan ethernet server Planet Edu dengan router menggunakan kabel UTP (kabel LAN) baik secara langsung maupun melalui switch.
  5. Buka aplikasi Planet Edu.
  6. Login ke aplikasi Planet Edu sebagai administrator.
  7. Pilih menu Sekolah.
  8. Pilih submenu Update Aplikasi.
  9. Pilih tombol Lanjutkan.
  10. Proses pembaruan akan masuk ke Tahap 1 yaitu mendownload file update. Aplikasi Planet Edu akan memeriksa apakah server Planet Edu berhasil terhubung dengan server repositori Planet Edu. Jika tidak terhubung, periksa kembali jaringan internet Anda.
  11. Jika server Planet Edu berhasil terhubung dengan server repositori Planet Edu, aplikasi akan memberitahu versi aplikasi yang sedang digunakan dan versi aplikasi yang tersedia. Proses pembaruan hanya dapat dilakukan jika terdapat file update pada server repositori.
  12. Jika terdapat file update pada server repositori, pilih versi aplikasi yang lebih tinggi.
    Catatan:
    Tidak dibenarkan melompati versi aplikasi ketika melakukan pembaruan. Sebagai contoh: versi yang Anda gunakan adalah versi 1.0.0 sedangkan versi update yang tersedia adalah 1.1.0, 1.1.1, 1.2.0. Maka jika Anda akan menggunakan versi terbaru, Anda harus melakukan update secara bertahap.
    1. Tahap pertama, update dari versi 1.0.0 ke versi 1.1.0
    2. Tahap kedua, update dari versi 1.1.0 ke versi 1.1.1
    3. Tahap kedua, update dari versi 1.1.1 ke versi 1.2.0
    Jika Anda melompati versi ketika melakukan update, maka akan memungkinkan terjadi masalah pada aplikasi Anda.
  13. Masih pada Tahap 1, pilih tombol Lanjutkan. Proses pembaruan akan masuk ke Tahap 2.
  14. Tahap 2 adalah proses ekstrak file update yang didownload dari server untuk kemudian digunakan untuk mengupdate aplikasi Planet Edu. Aplikasi Planet Edu akan memeriksa apakah proses download berhasil atau tidak. Jika berhasil, pilih tombol Lanjutkan untuk melanjutkan ke Tahap 3. Jika gagal, silakan kembali ke tahap sebelumnya dengan memilih link untuk kembali yang disediakan oleh aplikasi.
  15. Tahap 3 adalah proses akhir dari proses pembaruan versi aplikasi. Untuk melihat versi yang sedang berjalan, pilih tombol Versi Program. Untuk kembali ke halaman depan, pilih tombol Selesai.