Panduan Menggunakan Planet Edu

Membuat Soal Ujian Sederhana

Untuk membuat soal ujian, Planet Edu menyediakan 2 editor soal yaitu editor soal teks dan editor soal HTML.

Editor soal teks adalah editor untuk soal ujian sederhana. Soal ujian sederhana hanya berisi teks biasa atau plain text, gambar, video, audio, serta iframe. Apabila soal mengandung isi yang lain, maka editor soal teks tidak bisa digunakan. Pengguna harus menggunakan editor soal HTML.

Tampilan editor soal teks ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Klik angka pada gambar untuk melihat keterangannya.

Editor

Keterangan Gambar

1. Buat Ujian Baru

Fungsi ini akan membuat soal ujian baru. Dengan memilih ikon ini berarti pengguna akan mengosogkan editor. Apabila pada soal sebelumnya terjadi perubahan, program akan menanyakan apakah pengguna akan menyimpannya atau tidak. Pengguna dapat memilih tombol Batal jika ingin mengurungkan tindakan ini.

2. Simpan Soal Ujian

Fungsi ini akan menyimpan soal-soal pada editor ke dalam local storage. Local storage adalah fitur pada HTML5 untuk menyimpan data di browser. Pastikan browser yang digunakan mendukung fitur ini. Disarankan untuk menggunakan browser terbaru.

Soal ujian akan disimpan pada browser PC, tablet atau smartphone yang digunakan. Soal ini disimpan dengan nama tertentu sesuai dengan yang dimasukkan oleh pengguna. Pastikan nama soal mewakili ujian yang disimpan.

Ukuran maksimum soal sangat tergantung pada batas maksimum local storage pada browser yang digunakan. Untuk browser desktop, ukuran teks ujian bisa mencapai 10 MB sedangkan paba browser mobile bisa mencapai 5 MB.

Soal ini tidak dapat dibuka dari perangkat lain. Untuk dapat dibuka di browser lain, pengguna harus mengunduh soal tersebut sebagai file kemudian mengunggah file tersebut ke browser lain.

Fungsi penyimpanan ini sebenarnya hanya untuk sementara sebelum soal dikirim ke server. Soal ini dianggap belum jadi karena format teks sebenarnya tidak dapat dioperasikan sebagaimana mestinya. Soal yang akan ditampilkan kepada siswa adalah soal dalam bentuk objek yang terstruktur dan tersimpan di database. Soal ini juga dapat berisi gambar, video, audio, tabel, persamaan, lambang, dan lain-lain. Teks juga dapat diformat seperti miring, tebal, bergaris bawah, berwarna, dan sebagainya.

Disarankan agar pengguna langsung menyetor soal ke server setelah soal tersebut benar-benar siap diujikan. Setelah soal disetor ke server, soal tersebut dapat diubah kembali menggunakan editor HTML. Soal tersebut juga dapat diurutkan kembali atau dihapus jika memang diperlukan.

3. Buka Soal Ujian

Fungsi ini akan memuat lagi soal ujian yang disimpan pada local storage. Teks yang dimuat ke editor sama persis dengan teks yang disimpan sebelumnya. Soal hanya bisa dibuka di browser di mana soal tersebut disimpan.

4. Unduh Soal Ujian

Fungsi ini akan mengunduh teks soal menjadi file teks dengan ekstensi txt. File ini dapat dibuka dengan aplikasi editor teks lain seperti Notepad, Notepad++, dan sebagainya. Format soal mirip sekali dengan format aiken.

Diharapkan agar pengguna berhati-hati jika ingin mengubah soal tersebut menggunakan aplikasi lain karena kesalahan format tidak terlihat kecuali pengguna benar-benar memahami dan memeriksa baris demi baris soal tersebut.

5. Unggah Soal Ujian

Fungsi ini akan mengunggah soal dari file teks hasil unduhan sebelumnya. Fungsi ini juga dapat digunakan untuk mengunggah file ujian yang dibuat menggunakan editor soal ujian offline yang diinstal di komputer personal. Format yang diterima adalah format aiken dan disimpan dalam file teks.

Apabila pengguna telah membuat soal dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word dan sejenisnya, pengguna dapat menyimpan soal tersebut dengan format plain text. File ini dapat diunggah ke Planet Edu Test Editor namun dengan beberapa perubahan sesuai dengan format aiken yang diterima oleh Planet Edu Test Editor.

6. Cetak Soal Ujian

Fungsi ini akan mencetak soal ujian yang tampil pada jendela Tinjau Soal. Jawaban tidak akan dicetak.

7. Cetak Soal Ujian dan Jawaban

Fungsi ini akan mencetak soal ujian dan jawaban yang tampil pada jendela Tinjau Soal.

8. Hapus Soal Ujian

Fungsi ini akan menghapus soal ujian yang disimpan pada local storage. Pengguna akan dimintai konfirmasi ketika melakukan penghapusan soal.  Soal yang sudah dihapus tidak dapat dikembalikan lagi untuk selamanya.

9. Turun Baris

Fungsi ini akan menambahkan karakter \\ (garis miring terbalik dua kali) pada teks soal kemudian diikuti dengan carriage return atau lebih dikenal dengan Enter. Karakter ini adalah penanda bahwa baris berikutnya masih merupakan sambungan dari baris sebelumnya. Soal akan ditampilkan pada baris yang berbeda namun dianggap sebagai satu kesatuan.

10. Masukkan Lambang

Fungsi ini akan membuka sebuah dialog yang menampilkan karakter unicode lambang. Lambang tersebut dapat dimasukkan ke dalam soal ujian dengan cara mengkliknya.

10. Masukkan Subscript dan Supersctipt

Fungsi ini akan membuka sebuah dialog yang menampilkan karakter unicode subscript dan superscript. Karakter tersebut dapat dimasukkan ke dalam soal ujian dengan cara mengkliknya.

12. Masukkan LATEX

Fungsi ini akan membuka sebuah dialog untuk memasukkan persamaan dengan format LATEX. LATEX tersebut dapat diketik langsung dan juga dapat disalin dari persamaan pada Microsoft Word dengan Equation Editor. Persamaan ini dapat diubah kembali jika pengguna menyertakan kode LATEX saat memasukkan persamaan ke dalam soal ujian.

13. Masukkan Persamaan

Fungsi ini akan membuka sebuah dialog untuk memasukkan persamaan. Selain menggunakan LATEX, program juga menyediakan editor persamaan bagi pengguna yang kurang akerab dengan format LATEX. Persamaan ini dapat diubah kembali jika pengguna menyertakan kode LATEX saat memasukkan persamaan ke dalam soal ujian.

14. Masukkan Ikatan Molekul

Fungsi ini akan menampilkan dialog untuk memasukkan ikatan molekul. Ikatan molekul tersebut dapat dibuat langsung di editor ujian sehingga guru dan adminnistrator tidak memerlukan aplikasi lain untuk membuat ikatan molekul pada soal-soal mata pelajaran kimia.

15. Masukkan Gambar

Fungsi ini akan menampilkan dialog untuk memasukkan gambar. Dialog akan berisi semua gambar yang pernah diunggah pada ujian yang bersangkutan. Pengguna dapat mengunggah file gambar ke dalam dialog ini dengan cara drag and drop file gambar ke dialog ini atau dengan memilih tombol Unggah. Pada saat pengguna memilih tombol unggah, program akan meminta pengguna untuk memilih file yang akan diunggah.

Pada saat pengguna memilih gambar yang ada di dalam dialog, program akan menampilkan nama file tersebut ke dalam kotak masukan yang berada di bagian kiri bawah dialog. Jika pengguna memilih tombol Masukkan, program akan menyispkan teks “img:” diikuri dengan nama file yang dipilih.

Pada pratinjau akan ditampilkan gambar tersebut sesuai dengan ukuran aslinya dengan vertica- algin :bottom. Pada kondisi ini, gambar akan ditampilkan dengan bagian bawah sejajar dengan bagian bawah teks. Alternatif untuk vertical-align yang diterima oleh Planet Edu Test Editor adalah sebagai berikut:

  1. top
  2. middle
  3. baseline
  4. bottom
  5. text-top
  6. text-bottom

Untuk gambar pada baris pertama soal dan pilihan, gunakan top atau text-top.

Untuk baris kedua dan seterusnya pada soal dan pilihan, boleh menggunakan top, text-top, baseline, bottom, atau text-bottom sesuai keperluan.

Untuk persamaan, gunakan middle.

Untuk mengatur vertical-align tesebut, pada akhir nama file, ikuti dengan tanda pagar (#) kemudian vertical-align yang dipilih.

Contoh:

img:rangkaian-listrik.png#text-top

Contoh di atas adalah menampilkan gambar dengan nama rangkaian-listrik.png dengan vertical-align:text-top.

Untuk mengubah ukuran gambar, tambahkan satu lagi tanda pagar di belakang vertical-align (jika ada) atau dua tanda pagar di belakang nama file jika tidak menggunakan vertical-align kemudian diikuti dengan dimensi gambar yang ingin ditampilkan.

Dimensi gambar adalah bilangan dengan ketentuan sebagai berikut:

Jika hanya ingin mengatur lebarnya saja, cukup dengan mencantumkan angka yang menyatakan lebar.

Jika ingin mengatur lebar dan tinggi, cantumkan lebar dan tinggi dipisahkan dengan tanda koma. Tidak ada spasi di antara keduanya.

Jika hanya ingin mengatur tingginya saja, cantumkan angka nol (0) untuk lebar dan angka tinggi dipisahkan dengan tanda koma. Tidak ada spasi di antara keduanya.

Contoh:

img:rangkaian-listrik.png#text-top#200

Menampilkan gambar dengan nama file rangkauan-listrik.png dengan vertical-align:top. Lebar gambar adalah 200 pixel dan tinggi gambar menyesuaikan. Menyesuaikan yang dimaksud di sini adalah gambar akan ditampikan sedemikian rupa sehingga rasio antara lebar dan tinggi gambar tidak berubah.

img:rangkaian-listrik.png#text-top#200,120

Menampilkan gambar dengan nama file rangkauan-listrik.png dengan vertical-align:top. Lebar gambar adalah 200 pixel dan tinggi gambar adalah 120 pixel. Dalam hal ini, rasio lebar dan tinggi gambar asli akan diabaikan.

img:rangkaian-listrik.png#text-top#0,120

Menampilkan gambar dengan nama file rangkauan-listrik.png dengan vertical-align:top. Tinggi 120 pixel dan lebar gambar menyesuaikan. Menyesuaikan yang dimaksud di sini adalah gambar akan ditampikan sedemikian rupa sehingga rasio antara lebar dan tinggi gambar tidak berubah.

img:rangkaian-listrik.png#text-top#200,0

sama dengan

img:rangkaian-listrik.png#text-top#200

img:rangkaian-listrik.png##200,120

Menampilkan gambar dengan nama file rangkauan-listrik.png dengan vertical-align standard. Lebar gambar adalah 200 pixel dan tinggi gambar adalah 120 pixel. Dalam hal ini, rasio lebar dan tinggi gambar asli akan diabaikan.

Untuk ukuran lain tanpa mencantukkan vertical-align akan sama caranya yaitu dengan dua tanda pagar yang memisahkan nama file dengan dimensi gambar.

16. Masukkan Suara

Fungsi ini akan menampilkan dialog untuk memasukkan suara. Dialog akan berisi semua file suara yang pernah diunggah pada ujian yang bersangkutan. Pengguna dapat mengunggah file suara ke dalam dialog ini dengan cara drag and drop file gambar ke dialog ini atau dengan memilih tombol Unggah. Pada saat pengguna memilih tombol unggah, program akan meminta pengguna untuk memilih file yang akan diunggah.

17. Kompres Suara

Fungsi ini akan menampilkan dialog untuk mengompres suara. Dialog akan berisi semua file suara yang pernah diunggah pada ujian yang bersangkutan. Pengguna dapat mengunggah file suara ke dalam dialog ini dengan cara drag and drop file gambar ke dialog ini atau dengan memilih tombol Unggah. Pada saat pengguna memilih tombol unggah, program akan meminta pengguna untuk memilih file yang akan diunggah.

Pengompresan suara bertujuan untuk memperkecil ukuran file suara sehingga menjadi ringan saat file tersebut dimuat oleh siswa saat ujian sedang berlangsung. Suara akan dikompres menjadi mono dengan frekuensi sampling 32 kilo atau frekuensi suara maksimum 16 kHz. Kualitas suara dengan frekuensi sampling tersebut masih sangat baik untuk percakapan (speech).

18. File Manager

File Manager merupakan modul untuk mengatur file-file yang pernah diunggah oleh pengguna. Setiap kali dibuka, modul ini akan menampilkan isi direktori yang berbeda tergantung dari mana pengguna membukanya.

Dengan file manager ini, pengguna dapat mengatur file seperti mengganti nama, menghapus, menunggah file baru, atau mengunduhnya. Apabila sebuah file gambar sudah digubakan pada artikel atau ujian kemudian dihapus, diganti namanya, atau dipindah ke direktori lain, maka artikel atau ujian yang telah memuat file tersebut akan kehilangan akses sehingga gambar tersebut tidak tampil. Harap berhati-hati jika ingin mengganti nama, memindahkan atau menghapus sebuah file.

19. Modus HTML

Fungsi ini akan mengubah modus editor menjadi modus HTML. Tentang modus HTML akan dibahas pada bagian yang lain. Pengguna akan dimintai konfirmasi ketika memilih fungsi ini karena memilih modus ini akan menghilangkan soal yang ada di editor kecuali pengguna telah menyimpannya. Jika soal tersebut sudah disimpan, tentu saja pengguna harus membukanya kembali jika diperlukan.

20. Masukkan Ujian

Fungsi ini akan menyetor soal ujian ke database di server. Setelah soal disetor ke ujian, soal tersebut dapat dibuka dari browser lain dan dapat diakses oleh siswa apabila ujian tersebut sudah diaktifkan.

Program akan memeriksa apakah semua soal sudah ditulis dengan benar dan memiliki jawaban atau tidak. Jika ada soal yang tidak memiliki jawaban, program akan menolak menyetor soal tersebut ke server.

21. Sembunyikan Soal Sebelumnya

Fungsi ini akan menyembunyikan soal ujian yang telah tersimpan di database. Fungsi ini aktif pada saat aplikasi dimuat.

22. Tampilkan Soal Sebelumnya

Fungsi ini akan menampilkan soal ujian yang telah tersimpan di database. Fungsi ini berekerja secara rel time, artinya, soal yang ditampilkan adalah soal yang ada di database pada saat fungsi ini dijalankan.

23. Mode Edit

Fungsi ini akan mengaktifkan atau menonaktifkan mode edit. Mode edit akan menampilkan jalan pintas yang dapat digunakan untuk mengubah soal tersebut.

24. Tampilkan Semua Soal

Fungsi ini akan membuka semua soal yang telah disetor ke server pada halaman baru. Pada halaman yang baru, pengguna dapat membaca, mengubah, menghapus, atau menyusun kembali soal yang telah disetor. File yang berada di dalam soal yang dihapus tidak akan terhapus ketika soal tersebut dihapus. Tentu saja sangat memungkinkan sebuah file gambar muncul di beberapa soal yang berbeda.

25. Informasi Ujian

Fungsi ini akan menampilkan informasi ujian. Informasi ujian penting untuk mengetahui berapa jumlah pilihan pada masing-masing soal.

40. Editor Soal

Daerah ini merupakan daerah di mana pengguna mengetik atau menempelkan soal. Pada saat isi editor ini berubah, program langsung menayangkan jinjauan hasil dari soal tersebut apabila formatnya telah terpenuhi. Apabila format belum lengkap, program tidak akan mempu menampilkan soal sebagaimana mestika. Tentang format soal, akan dijelaskan pada bagian yang lain.

40. Tampilan Soal dari Database

Daerah ini merupakan tempat untuk menampilkan semua soal yang telah disetor ke server. Soal ini tentu saja dapat ditampilkan sari browser lain pada saat yang bersamaan. Untuk memperbarui tampilan soal ini, cukup dengan memilih ikon Tampilkan Soal Sebelumnya sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya.

50. Tampilan Soal dari Editor

Daerah ini merupakan tempat untuk melakukan pratinjau terhadap soal-soal yang ada di dalam editor. Sampilan soal-soal pada daerah ini akan berubah setiap kali pengguna melakukan perubahan terhadap isi editor selama formatnya telah terpenuhi.

60. Tinjau Soal

Daerah ini sertidiri dari tinjauan soal-soal yang telah disetor ke server dan pratinjau soal-soal pada editor.

70. Nama Ujian

Daerah ini akan menampilkan nama ujian yang sedang dikerjakan.

80. Status Bar

Daerah ini akan menampilkan status dari soal-soal di dalam editor. Status bar akan menampilkan jumlah soal pada editor dan soal-soal yang tidak memiliki jawaban.

90. Toolbar

Daerah ini adalah daerah di mana ikon-ikon dari editor ditampilkan. Ikon ini tidak memiliki shortcut jadi harus diklik untuk memilihnya.

Format Soal

Format soal pada Planet Edu Test Editor secara garis besar terbagi menjadi 3 yaitu:

  1. pertanyaan
  2. pilihan jawaban
  3. kunci jawaban

Oleh karena editor memungkinkan pengguna memasukkan beberapa soal sekaligus, maka perlu adanya pemisahan antara satu soal dengan soal lainnya. Planet Edu menggunakan baris kosong sebagai pemisah antarsoal. Soal tidak boleh diberi nomor karena nomor soal akan ditentukan saat soal tersebut disajikan kepada siswa.

Mulai dari baris pertama hingga program mendapatkan pola yang sesuai sebagai pilihan jawaban, program akan menganggap baris tersebut sebagai pertanyaan. Dengan demikian, pengguna dapat membuat soal dengan pertanyaan lebih dari satu baris. Jika di dalam pertanyaan mengandung pola yang memenuhi sebagai pola pilihan jawaban, pengguna harus membatalkan asumsi porgram dengan cara memberi tanda \\ sebelum baris pola tersebut. Dengan demikian, pengguna telah secara tegas menyatakan bahwa baris berikutnya, apapun itu, adalah bagian dari baris sebelumnya.

Pola yang dimaksud di atas adalah pola penomoran pilihan, yaitu

  1. upper-alpha (A, B, C, D,...)
  2. lower-alpha (a, b, c, d,...)
  3. upper-roman (I, II, III, IV,...)
  4. lower-roman (i, ii, iii, iv,...)
  5. decimal (1, 2, 3, 4,...)
  6. decimal-leading-zero (01, 02, 03, 04,...)

Apabila program telah mendapati 2 suku pertama dari masing-masing pola, maka program telah menetapkan bahwa penomoran tersebutlah yang digunakan untuk soal tersebut. Program akan mengikuti pola tersebut untuk baris berikutnya. Jika tidak sesuai dengan penomoran yang telah ditetapkan, maka program akan menganggap bahwa baris tersebut adalah sambungan dari baris sebelumnya, kecuali untuk baris terakhir dalam kelompok tersebut. Baris terakhir akan diperiksa sebagai kunci jawaban. Akan tetapi, jika pola pada baris terakhir tidak memenuhi syarat sebagai kunci jawaban, maka baris terakhir tersebut dianggap merupakan sambungan dari pilihan terakhir soal tersebut.

Syarat Pola

Syarat pola untuk pilihan yaitu karakter titik (.) pertama pada baris kedua dan seterusnya. Karakter apapun sebelum titik pertama baris kedua dan seterusnya akan ditapis dan hanya menyisakan karakter selain spasi putih. Jika karakter tersebut merupakan salah satu dari jenis penomoran di atas, maka program akan menandai bahwa baris tersebut adalah permulaan dari pilihan.

Program kemudian melanjutkan pemeriksaan baris berikutnya dan memeriksa karakter titik (.) pertama pada baris tersebut. Karakter apapun sebelum titik pertama baris kedua dan seterusnya akan ditapis dan hanya menyisakan karakter selain spasi putih.

Dua karakter dari pemeriksan pertama dan kedua akan dikombinasikan untuk mengkonfirmasi jenis penomoran mana yang sesuai. Jika dua karakter tersebut merupakan dua suku pertama dari salah satu penomoran di atas, maka program telah mengkonfirmasi jenis penomoran yang dimaksud. Selanjutnya program akan mengikuti baris berikutnya untuk suku berikutnya hingga sebelum baris terakhir.

Satu baris terakhir akan dianggap sebagai tempat di mana pengguna menuliskan kunci jawaban. Program akan memetiksa karakter titik dua (:) yang pertama pada baris tersebut. Karakter setelah titik dua yang pertama akan dianggap sebagai kunci jawaban. Akan tetapi, program akan mencocokkan dengan penomoran yang dipakai. Jika karakter tersebut bukan salah satu dari suku pada penomoran atau nomor tersebut lebih besar daripada suku-suku yang dipakai pada pilihan jawaban, maka program akan menganggap bahwa baris tersebut addalah sambungan dari pilihan terakhir dan menganggap soal tersebut tidak memiliki kunci jawaban.

Penjelasan di atas dapat diwakili dengan contoh-contoh soal berikut.

Pengedar narkoba itu ditangkap ketika sedang melakukan transaksi. Kata transaksi bermakna...
A. pembelian barang berupa obat terlarang
B. persetujuan telah menjual suatu barang
C. persetujuan jual beli di antara dua pihak
D. penjualan barang kepada orang lain
Jawaban: C

Perhatikan tema karya ilmiah berikut!\\
\\
Meningkatkan prestasi belajar dengan media internet\\
\\
Rumusan masalah yang sesuai dengan tema tersebut adalah...
A. Mengapa media internet meningkatkan prestasi belajar siswa?
B. Apakah dengan media internet prestasi belajar siswa meningkat?
C. Kapankah prestasi belajar dapat meningkat karena media internet?
D. Bagaimanakah media internet dapat meningkatkan prestasi belajar?
Kunci Jawaban: D

Perhatikan kalimat berikut!\\
\\
Setiap peserta ujian harap, menyiapkan pulpen, pensil 2B penghapus, dan rautan.\\
\\
Perbaikan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah...
A. Setiap peserta ujian harap menyiapkan: pulpen, pensil 2B penghapus, dan rautan.
B. Setiap peserta ujian harap menyiapkan; pulpen, pensil 2B penghapus dan rautan.
C. Setiap peserta ujian harap menyiapkan pulpen, pensil 2B, penghapus, dan rautan.
D. Setiap peserta ujian, harap menyiapkan: pulpen, pensil 2B penghapus, dan rautan.
Kunci Jawaban: C

Perhatikan kalimat berikut!\\
\\
Untuk menghadapi ujian nasional ini, aku akan menganalisis cara belajarku agar aku menjadi pelajar yang berkuantitas.(1) Selain itu, aku akan mengurangi gerakanku(2) yang tidak berhubungan dengan belajar. Tidak lupa, aku akan melantunkan(3) doa kepada Tuhan.
Perbaikan pemakaian kata bercetak miring pada paragraf tersebut adalah...
A. (1) berkualitas, (2) aktivitasku, (3) memanjatkan
B. (1) bermutu, (2) usahaku, (3) mengatakan
C. (1) pandai, (2) kondisiku, (3) mengabulkan
D. (1) berprestasi, (2) upayaku, (3) menghargai
Kunci Jawaban: A

Perhatikan pantun berikut!\\
\\
Saat ayam jantan berkokok\\
Daffa bangun membuka jendela\\
[…] (1)\\
[…] (2)\\
\\
Bagian isi yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah...
A. (1) Sadarlah makhluk ciptaan Tuhan\\
(2) Jalankan semua perintah kewajiban
B. (1) Jika ingin sukses dalam pergaulan\\
(2) Teman susah haruslah kita tolong
C. (1) Ayo, kawan belajar kelompok\\
(2) Ujian Nasional di depan mata
D. (1) Jika sikap kita sombong\\
(2) Alamat badan akan binasa
Kunci Jawaban: C

Perhatikan kutipan puisi berikut!\\
\\
Tuhan\\
Mungkin kami yang salah\\
Perlakukan alam semena-mena\\
[...]\\
Meluluhlantakkan semua\\
\\
Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah...
A. Bencana alam pun melanda
B. Hingga alam tumpahkan murka
C. Gunung meletus semburkan lava
D. Tak bersyukur atas nikmat-Mu
Kunci Jawaban: B

Perhatikan kutipan naskah drama berikut!\\
\\
Ibu : Amanda, cepat bangun! Hari sudah pagi, nanti terlambat ke sekolah!\\
Amanda : Iya, Bu.(seraya menarik selimut kembali)\\
Ibu : [...] (1)\\
Amanda : Ya Bu, maafkan Amanda…(beranjak bangun)\\
Ibu : Makanya lain kali jangan tidur larut malam.\\
Amanda : [...] (2)\\
Ibu : Nah...gitu dong...putri Ibu yang cantik!\\
\\
Dialog yang tepat untuk melengkapi naskah drama tersebut adalah...
A. (1) Katanya tidak perlu dubangunkan!\\
(2) Ya, Bu. Amanda tidak akan ulangi lagi.
B. (1) Maafkan Amanda, Bu.\\
(2) Besuk tidak akan diulangi lagi.
C. (1) Segera sarapan pagi, ya!\\
(2) Amanda berangkat dulu ya, Bu!
D. (1) Mandi dan segera sarapan!\\
(2) Iya, Ibuku tersayang.
Kunci Jawaban: A

Jika ragu dengan format soal, selalu gunakan \\ untuk turun baris pada setiap soal dan pilihan. Pratinjau soal juga ditampilkan pada jendela pratinjau. Apabila soal tersebut tidak memiliki kunci jawaban atau tidak tampil sebagaimana mestinya, berarti format soal yang ditulis salah dan harus diperbaiki.

Panduan untuk membuaat soal ujian dapat dilihat pada video berikut ini.

Hasil unduhan program offline dalam format teks dapat diunggah menjadi soal ujian pada editor ujian online.