Panduan Menggunakan Planet Edu

Membuat Soal Ujian Matematika

Soal ujian matematika menjadi istimewa karena mengandung banyak persamaan. Umumnya aplikasi ujian berbasis komputer menyediakan editor yang kurang ramah pengguna terutama untuk membuat persamaan. Persamaan biasanya dibuat dengan menggunakan aplikasi office kemudian disalin sebagai gambar. Kadang ukuran persamaan tidak sesuai dengan ukuran teks. Selain itu, pemotongan gambar yang tidak tepat menyebabkan soal menjadi tidak rapi.

Planet Edu menyediakan editor persamaan yang memudahkan pengguna untuk membuat persamaan matematika. Selain membuat persamaan pada editor ujian, Planet Edu juga memungkinkan pengguna menyalin persamaan dari Microsoft Word dalam format LATEX yang dapat diubah sewaktu-waktu.

Untuk membuat soal ujian matematika, Anda wajib menggunakan browser Mozilla Firefox karena tidak ada browser lain yang mendukung MathML. Jika Anda menggunakan browser lain seperti Safari, Google Chrome, Opera atau Internet Explorer, maka Anda tidak dapat membuat persamaan matetmatika.

Contoh soal ujian matematika yang mengandung persamaan dapat didownload di sini.

Video berikut memperlihatkan bagaimana menyalin soal ujian matematika yang berisi persamaan dan gambar yang dibuat dengan menggunakan Microsoft Word.