Panduan Menggunakan Planet Edu

Membuat Soal Ujian Kimia

Planet Edu menyediakan editor molekul untuk membuat ikatan molekul pada soal-soal ujian kimia. Dengan fitur ini, guru dan administrator dapat dengan mudah membuat ikatan molekul dan dapat langsung dimasukkan ke dalam soal ujian dan tidak membutuhkan aplikasi tambahan. Meskipun demikian, apabila guru dan administrator telah membuat soal dengan aplikasi lain misalnya Microsoft Word dan Visio, soal tersebut dapat dimasukkan ke dalam ujian dengan copy-paste.

Hasil dari editor molekul ini adalah gambar PNG transparan 32 bit dengan kualitas terbaik serta mampu menyesuaikan dengan warna latar. Ukuran gambar sangat kecil sehingga akan sangat cepat ketika ditampilka pada halaman ujian siswa. Pengguna dapat meletakkan objek di mana saja dan tidak perlu khawatir gambar yang dihasilkan akan kebesaran karena editor langsung memangkas kanvas tepat di pinggir objek. Jika pengguna ingin memperbesar atau memperkecil gambar, sebaiknya dilakukan dengan menggunakan zoom in dan zoom out sebelum gambar dimasukkan ke dalam soal. Hal ini akan menjaga kualitas gambar tetap tinggi.

Gambar yang dihasilkan langsung diupload ke server dan dimasukkan ke dalam soal ujian ketika pengguna memilih tombol Masukkan Molekul. Pengguna dapat membuat gambar baru jika gambar lama tidak sesuai. Pengguna dapat menghapus file yang sudah diupload ke server jika tidak digunakan lagi.

Chemistry Editor

Editor molekul juga dilengkapi dengan rumus kimia sehingga memudahkan pengguna memasukkan rumus kimia dalam sebuah gambar. Selain menggunakan editor molekul, pengguna juga bisa membuat persamaan kimia menggunakan LATEX.

Video berikut memperlihatkan bagaimana membuat soal ujian kimia yang berisi gambar molekul dan rumus molekul.