Panduan Menggunakan Planet Edu

Membuat Dan Mengatur Ujian

Create Test

Ujian pada Planet Edu adalah ujian dengan pilihan berganda. Guru membuat soal dengan pilihan jawaban dan salah satu pilihan jawaban diberi nilai. Pada saat mengerjakan ujian, siswa memilih salah satu pilihan jawaban. Jika jawaban siswa sesuai dengan kunci jawaban dari guru, maka siswa akan mendapatkan nilai untuk soal tersebut. Akumulasi dari nilai untuk seluruh soal pada ujian tersebut adalah nilai siswa. Nilai akhir siswa dalam persen.

Untuk membuat ujian, pilih menu Ujian. Planet Edu akan menampilkan submenu sebagai berikut:

Test Menu

Keterangan

Daftar Ujian adalah menu untuk menampilkan daftar ujian dan untuk membuat ujian baru.

Soal Ujian adalah menu untuk menampilkan soal ujian, membuat soal ujian baru dan membuat analisa soal ujian.

Impor Soal Ujian adalah menu untuk mengimpor soal ujian dalam format teks dan XML.

Ekspor Soal Ujian adalah menu untuk mengekspor soal ujian dalam format XML.

Bank Soal adalah menu untuk mengimpor soal-soal dari bank soal.

Monitoring Ujian adalah menu untuk memonitor pelaksanaan ujian. Planet Edu hanya menampilkan data pada tanggal yang sama.

Riwayat Ujian adalah menu untuk memonitor pelaksanaan ujian. Planet Edu hanya menampilkan data semua tanggal.

Laporan Hasil Ujian adalah menu untuk membuat laporan hasil ujian baik perkelas maupun secara keseluruhan.

Membuat Ujian Baru

Test Form

Nama Ujian

Nama ujian adalah nama untuk ujian. Nama ini akan membedakan satu ujian dengan ujian lain. Nama ujian akan tampil dalam berbagai modul.
Nama ujian diisi dengan teks yang mewakili ujian. Misalnya “UTS Biologi Kelas VII”, “Try Out UAN IPA”, dan sebagainya. Tujuannya adalah agar semua orang yang membaca nama tersebut memahaminya. Jangan sampai pembaca yang dalam hal ini siswa, administrator sekolah atau guru lain salah paham.

Kelas

Kelas adalah kelas mana saja yang dapat mengikuti ujian tersebut. Ketika tombol Atur Kelas diklik, program akan menampilkan daftar kelas. Pilihlah kelas mana yang boleh mengikuti ujian tersebut dengan cara mengkliknya.

Mata Pelajaran

Mata pelajaran diisi dengan teks sesuai dengan mata pelajaran yang diujikan. Isian ini bersifat opsional dan tidak wajib.

Keterangan

Keterangan akan menampilkan keterangan ujian. Isian ini akan lebih menjelaskan kepada siswa tentang ujian ini.

Petunjuk

Petunjuk adalah petunjuk teknis kepada siswa yang akan diuji.

Terbuka

Pilihan ini akan mengatu apakah ujian bersifat terbuka atau tidak. sebuah ujian terbuka dapat diikuti oleh semua siswa dari kelas lain selain kelas yang telah diatur. Khusus untuk sekolah terbuka, ujian terbuka dapat diikuti oleh semua pengguna media sosial Planetbiru.

Dibatasi

Pilihan ini akan membatasi percobaan ujian. Ujian yang tidak dibatasi dapat dikerjakan berkali-kali oleh siswa yang sama. Ujian yang dibatasi hanya dapat diikuti sebanyak batas percobaan.

Nilai Kelulusan

Nilai ini sama dengan KKM, yaitu nilai minimum seorang siswa dinyatakan tuntas pada mata pelajaran tertentu.

Metode Penilaian

Metode penilaian ini akan memilih nilai mana yang akan diambil jika siswa mengerjakan ujian lebih dari satu kali. Pilihan tersebut adalah Nilai Tertinggi dan Nilai Terbaru.

Jumlah Soal

Jumlah soal adalah jumlah soal yang akan disajikan kepada siswa saat ujian. Jumlah soal tidak harus sama dengan jumlah koleksi soal. Sangat disarankan koleksi soal lebih besar daripada jumlah soal apabila soal ujian akan diacak. Hal ini bertujuan agar masing-masing siswa mendapatkan soal yang berbeda-beda.

Jumlah Pilihan

Jumlah pilihan adaalah jumlah pilihan jawaban. Untuk SMA sederajat, jumlah pilihan adalah 5. Untuk SMP sederajat, jumlah pilihan adalah 4, dan seterusnya. Jumlah pilihan pada ujian harus sama dengan jumlah pilihan pada soal apabila soal tersebut diimpor dari sumber lain, bukan soal yang dibuat langsung pada ujian tersebut.

Soal Perhalaman

Soal perhalaman akan mengatur berapa jumlah soal yang ditampilkan dalam satu halaman. Alasan membagi-bagi soal menjadi beberapa halaman adalah agar siswa sulit melihat jawaban temannya karena soal yang ditampilkan di layar hanyalah soal yang sedang dikerjakan, sedangkan soal yang sama tidak akan muncul pada nomor yang sama.

Pengacakan Soal

Pilihan ini akan menentukan apakah soal diacak atau tidak. Apabila soal diacak, maka nomor soal pada halaman ujian siswa tidak akan sama dengan nomor soal sesungguhnya. Pengambilan soal juga dilakukan secara acak sehingga apabila jumlah koleksi soal melebihi jumlah soal yang diberikan kepada siswa, maka masing-masing siswa akan mendapatkan soal yang berbeda-beda.

Durasi

Durasi adalah durasi ujian dalam satuan menit. Perlu dipahami bahwa siswa tetap dapat mengirimkan jawaban meskipun waktu ujian telah habis. Dalam hal ini guru yang mengambil kebijakan apakah siswa yang overtime atau mengerjakan ujian melebihi jatah waktu akan dieliminasi, diberikan pengurangan nilai, dan sebagainya.

Beri Peringatan

Pilihan ini akan menentukan apakah program akan memberi peringatan kepada siswa jika waktunya habis atau tidak. Jika siswa mengerjakan ujian dengan menggunakan tablet atau smartphone, program juga akan memberikan peringatan dalam bentuk getar atau vibration.

Waktu Peringatan

Waktu peringatan dihitung dari batas akhir siswa mengirimkan jawaban.

Pesan Peringatan

Pesan peringatan adalah pesan yang akan muncul ketika waktu ujian akan atau telah habis.

Nilai Standard

Nilai standard adalah nilai maksimum yang diberikan kepada siswa apabila siswa menjawab dengan benar.

Penalti

Penalti adalah sanksi yang diberikan jika siswa salah menjawab.

Sebagai contoh:

  • Nilai Standard = 4
  • Penalti = 1
  • Jumlah Soal = 40

Dalam hal ini, jika siswa menjawab 37 soal dan jawaban yang benar hanya 32 soal, maka nilai siswa adalah ((32 x 4) - (5 x 1)) x 100/(40 x 4) = 76,875.

Notifikasi Nilai

Notifikasi nilai adalah pilihan apakah siswa akan langsung diberitahu nilai ujiannya atau tidak.

Umumkan Kunci Jawaban

Jika umumkan kunci jawaban dipilih, pengguna diminta untuk menentukan kapan waktu pengumuman kunci jawaban. Siswa dapat melihat jawabannya saat mengerjakan ujian dan kuncinya setelah kunci jawaban diumumkan. Perlu diperhatikan bahwa waktu pengumuman kunci harus setelah semua siswa mengerjakan ujian.

Ketersediaan Ujian

Ketersediaan ujian adalah pilihan kapan ujian dapat diikuti oleh siswa. Jika ketersediaan ujian Terbatas Waktu, maka ujian hanya dapat diikuti pada waktu yang ditentukan.
Perlu dipahami bahwa siswa sudah harus mengirimkan jawaban ujian sebelum waktu ketersediaan ujian habis.   

Aktif

Pilihan ini akan mengaktifkan ujian atau tidak. Ujian harus diset tidak aktif jika soal ujian belum lengkap atau belum rampung agar siswa tidak bisa mengikuti ujian tersebut. Setelah semua siap, ujian harus diset “Aktif” agar siswa dapat mengikuti ujian tersebut.