Panduan Menggunakan Planet Edu

Membuat Dan Mengatur Soal Di Dalam Paket Ujian

Super administrator dapat membuat dan mengatur soal dalam bank soal. Paket soal ujian yang telah dimasukkan sebelumnya dapat ditambah, dikurangi, maupun diubah. Seluruh soal ujian akan disimpan ke dalam file XML pada server. Soal-soal tersebut kemudian dapat diimpor oleh administrator.

Editor soal tidak dilengkapi dengan file manager karena semua gambar disimpan secara inline di dalam file XML. Untuk memasukkan gambar ke dalam soal, super administrator dapat mendrag gambar tersebut ke dalam editor atau dengan membuka gambar tersebut menggunakan aplikasi editor gambar seperti Microsoft Paint dan sebagainya. Copy gambar dengan aplikasi tersebut lalu paste di editor soal ujian.

Super administrator tetap dapat memasukkan persamaan baik dengan renderer browser maupun server. Gambar persamaan dikodekan dengan base 64 encoding dan disimpan secara inline pada file XML.

Pada saat soal diimpor, semua gambar dan audio dari file XML akan diekstrak ke dalam file. Ekstensi file disesuaikan dengan tipe gambar dan suara. Ekstraksi gaambar dan suara ke dalam file akan meringankan kerja server karena data yang disimpan di dalam database menjadi lebih kecil.