Panduan Menggunakan Planet Edu

Membuat Dan Mengatur Artikel

Create Article

Artikel adalah tulisan yang dibuat oleh administrator sekolah atau guru. Artikel dapat digunakan untuk menyampaikan informasi sekolah atau materi pelajaran.

Artikel dapat diatur sehingga hanya dapat dibaca oleh siswa pada kelas tertentu saja. Dengan demikian, siswa dari kelas lain tidak dapat membaca artikel tersebut. Sebuah artikel dapat diberikan kepada beberapa kelas sekaligus. Pemilihan kelas ini dapat diubah sewaktu-waktu.

Untuk membuat artikel, pilih menu Artikel. Program akan menampilkan halaman sebagaimana diperlihatkan pada gambar.

Article

Pilih tombol Tambah. Selanjutnya program akan menampilkan editor HTML sebagaimana diperlihatkan pada gambar di bawah.

Create Article

Bagian Judul Artikel diisi dengan judul artikel. Judul artikel harus mewakili isi artikel. Bagian di bawahnya adalah tempat di mana artikel ditulis. Jika ingin menyalin artikel dari aplikasi Microsoft Word, gunakan ikon Paste Word yang berada di bagian kiri atas editor. Hal ini dilakukan untuk membuang format Microsoft Word yang akan mengganggu tampilan artikel.

Tombol Artur Kelas digunakan untuk mengatur siswa mana yang dapat membaca artikel tersebut. Jika tidak ada kelas yang dipilih, maka artikel dapat dibaca oleh semua siswa dari kelas manapun.

Select Class

Tombol Publikasikan digunakan untuk menyimpan dan sekaligus mempublikasikan artikel. Setelah artikel dipublikasikan, artikel dapat dibaca oleh siswa dari kelas yang dipilih.

Tombol Simpan Konsep digunakan untuk menyimpan artikel tanpa mempublikasikan. Dalam kondisi ini, artikel tidak dapat dibaca oleh siswa maupun guru lain selain guru yang membuat artikel tersebut. Administrator tetap dapat menyimpan konsep artikel yang dibuat oleh guru.