Panduan Menggunakan Planet Edu

Membuat Dan Mencetak Token Ujian

Token ujian adalah angka yang dimasukkan sebagai syarat siswa mengikuti ujian. Token ujian akan meningkatkan keamanan karena hanya siswa yang mengetahui token tersebutlah yang dapat mengikuti ujian. Token ujian dibuat oleh administrator atau guru yang mengelola ujian tersebut.

Token ujian berbeda untuk masing-masing ujian dan siswa. Selain itu, token ujian juga memiliki masa berlaku. Jika token ujian tersebut dimasukkan setelah masa berlakunya habis, maka siswa tersebut tidak dapat mengikuti ujian. Dalam hal ini, administrator atau guru yang mengelola ujian tersebut harus membuat token baru untuk siswa tersebut agar siswa tersebut dapat mengikuti ujian.

Siswa tidak perlu memilih ujian. Setelah siswa masuk dengan akunnya masing-masing dan memilih menu ujian kemudian akan mengikuti ujian, siswa diminta untuk memasukkan sebuah token. Jika token yang dimasukkan oleh siswa tersebut benar, maka siswa tersebut langsung masuk ke dalam ujian tersebut.

Jika siswa salah memasukkan token lebih dari 5 kali dalam waktu 5 menit, maka siswa tersebut akan langsung diblokir. Siswa tersebut hanya bisa dikeluarkan dari daftar blokir oleh administrator sedangkan guru tidak bisa mengeluarkan siswa dari daftar blokir. Untuk itu sangat diminta kepada siswa agar berhai-hati dalam memasukkan token ujian.