Panduan Menggunakan Planet Edu

Escape Karakter Pada Soal Ujian

Kompleksitas soal ujian kadang tidak terduga. Ada kalanya di dalam sebuah soal terdapat teks pertanyaan yang memiliki pola sama dengan pilihan atau kunci jawaban dan ada pula dalam semuah pilihan jawaban terdapat teks yang polanya sama dengan pilihan atau kunci jawaban.

Untuk mengatasi permasalahan di atas, maka karakter escape sangat diperlukan. Karakter escape pada editor soal Planet Edu yaitu dua buah garis miring terbalik (\\). Adapun penggunaan karakter escape ini adalah sebagai berikut:

1. di akhir sebuah baris

Fungsi karakter escape pada posisi ini adalah untuk menyatakan bahwa baris berikurtnya masih merupakan sambungan baris sebelumnya. Ada dua kondisi yang mungkin untuk posisi ini, yaitu:

a. apabila karakter ini terdapat di awal, di tengah, atau di akhir sebuah teks pertanyaan, maka baris berikutnya masih merupakan teks pertanyaan meskipun mempunyai pola yang sama dengan pola pilihan.

b. apabila karakter ini terdapat di awal, di tengah, atau di akhir sebuah teks pilihan, maka baris berikutnya masih merupakan teks pilihan tersebut meskipun mempunyai pola yang sama dengan pola pilihan atau pola jawaban.

2. sebelum karakter : pada baris terakhir

Apabila baris terakhir dari sebuah kesatuan soal dan karakter tersebut diikuti dengan karakter yang merupakan anggota salah satu dari 6 jenis pilihan, maka baris tersebut dianggap sebagai kunci jawaban. Untuk menyatakan bahwa baris tersebut bukan merupakan kunci jawaban, maka diperlukan karakter escape (\\) tepat sebelum karakter titik dua (:). Pada kondisi ini, program akan menghilangkan anggapan bahwa baris tersebut adalah kunci jawaban dan merupakan teks dari pilihan terakhir. Apabila baris tersebut masih merupakan bagian dari pilihan sebelumnya, maka perlu ditambahkan karakter escape (\\) sebelum baris tersebut atau tepat di akhir baris sebelumnya.

Bagaimanapun, program akan menganggap bahwa baris terakhir merupakan baris di mana kunci jawaban berada. Anggapan ini akan gugur dengan berbagai kondisi yang diberikan.