SMP NEGERI 4 CIAMIS

1. Sejarah Singkat
Secara historis SMPN 4 Ciamis didirikan tahun 1950 dan mulai beroperasi tahun 1953. Sebelumnya adalah SMEP sampai tahun 1973, lalu beralih nama menjadi SMP Negeri 3 Ciamis. Pada tahun 1997 menjadi SMP Negeri 4 Ciamis, sampai sekarang. Dari tahun ke tahun keberadaannya kian berkembang secara dinamis sejalan dengan bertambahnya siswa yang masuk. Hingga kini SMP Negeri 4 Ciamis memiliki 21 ruang belajar dan sarana prasarana pendukung yang memadai. Visi Kabupaten Ciamis, "Ciamis Maju Berkualitas Menuju Kemandirian Tahun 2019" memberikan peluang besar untuk pengembangan Life Skill dan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global. Sesuai dengan kekhasan dan keunggulan lokal Kabupaten Ciamis, SMP Negeri 4 Ciamis mengembangkan keterampilan, olahraga dan seni daerah, pengembangan Imtaq dan Iptek. Wujud dari akomodasi konteks kewilayahan ini, terutama tercermin dalam rumusan kurikulum muatan lokal dan program pengembangan diri yang merefresentasikan analisis potensi, bakat, minat, dan kebutuhan pengembangan diri peserta didik dan pemerintah daerah Kabupaten Ciamis.

2. Status Sekolah
Status SMP 4 Ciamis ini adalah negeri. Sekolah yang dipimpin oleh D. KODARIAH, S.Pd., M.Pd. ini berdiri di bawah naungan Dinas Pendidikan. Berada di Kelurahan Ciamis Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis. Dengan Nomor Statistik Sekolah (NSS) 201021401003 beralamat di Jalan Tentara Pelajar No. 02 Desa / Kelurahan Ciamis Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis Propinsi Jawa Barat Telepon (0265) 771071 Kode Pos 46211 E-mail: [email protected] 

3. Letak Geografis
SMP Negeri 4 Ciamis berada di daerah perkotaan, dilalui jalur jalan raya yang menghubungkan propinsi Jawa Barat dengan luar propinsi Jawa Barat, sehingga memudahkan transportasi darat, antara lain:
1. Jarak sekolah ke pusat pemerintah kelurahan ±200 M
2. Jarak sekolah ke pusat pemerintah kecamatan ±1 KM
3. Jarak sekolah ke ibukota Kabupaten Ciamis (Pendopo) 100 M
4. Jarak sekolah ke alun-alun kabupaten 50 M
5. Dilalui hampir seluruh Angkutan Kota (Angkot) diantaranya 02, 05, 06, 07, 09,dan 12
Karena posisi sekolah yang berada di pusat kota sehingga dapat mempermudah siswa dan guru dalam beraktifitas, baik yang yang berhubungan dengan KBM ataupun yang lainnya.