Informasi Planet Edu

Aplikasi Computer Based Test Dari Planetbiru

Computer Based Test atau CBT selama ini selalu dipandang sebagai sebagai sesuatu yang sangat mahal karena harus menyediakan server, jaringan, komputer untuk digunakan oleh siswa, dan juga aplikasi ujian. Planetbiru membuat terobosan baru untuk meminimalisir biaya tersebut dengan menciptakan sebuah aplikasi CBT yang dikemas dalam sebuah mini server.
Baca

Bank Soal Planet Edu

Bagi sekolah yang telah terbiasa menggunakan aplikasi CBT atau Computer-Based Test, membuat soal ujian adalah hal yang sangat mudah meskipun soal tersebut mengandung gambar, grafik, video, audio, maupun persamaan. Akan tetapi, dengan keterbatasan waktu, tidak semua guru sempat membuat soal ujian. Oleh sebab itu Planet Edu menyediakan soal-soal ujian dalam bank soal.
Baca

Planet Edu Menyediakan Ribuan Soal Ujian untuk Sekolah

Sebelum mengambil soal ujian dari bank soal, pastikan jumlah pilihan pada bank soal sama dengan jumlah pilihan pada pengaturan ujian. Apabila guru ingin menerapkan sistem penalti, misalnya ketika jawaban benar diberi nilai 4 dan jika salah dikurangi 1, maka guru harus mengubah semua nilai pada setiap soal yang diimpor karena semua soal yang tersedia di bank soal hanya memiliki poin 1.
Baca

Belajar Menjadi Lebih Menyenangkan Bersama Planet Edu

Planet Edu menjadi media pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa dan guru. Siswa dan guru akan merasakanpengalaman baru dalam proses belajar mengajar serta ujian. Ujian menggunakan Planet Edu akan memudahkan guru menyelenggarakan ujian serta mengurangi penggunaan kertas. Kemungkinan jawaban siswa yang tercecer juga dapat dihindari.
Baca

Pemanfaatan Teknologi Digital untuk Pendidikan

Semua bidang termasuk bidang pendidikan juga terdampak oleh perkembangan tersebut. Apakah dampaknya akan baik atau buruk, tergantung kepada bagaimana kita menerimanya. Jika kita menerimanya dengan cara yang baik, maka akan baik pula dampaknya. Sebaliknya, jika kita menerimanya dengan cara yang buruk, maka akan buruk pula dampaknya.
Baca

Tips Membuat Soal Ujian dengan Rapi di Semua Perangkat

Ujian Berbasis Komputer sangat berbeda dengan ujian konvensional. Jika soal ujian konvensional dicetak dengan ukuran yang pasti dan tetap, soal pada Ujian Berbasis Komputer akan ditampilkan pada perangkat elektronik dengan berbagai ukuran. Dengan demikian, pembuatan soal Ujian Bebasis Komputer tidak bisa sembarangan.
Baca

Format Media

Media flash, quicktime, shockwave, windowsmedia dan realmedia, tidak lagi didukung oleh Planet Edu karena banyak browser tidak mendukung format ini. Penggunaan media ini dipastikan akan mengalami masalah di kemudian hari. Oleh karena itu, hindarilah penggunaan media ini untuk keperluan apapun.
Baca