Tips Membuat Soal Ujian dengan Rapi di Semua Perangkat

Ujian Berbasis Komputer sangat berbeda dengan ujian konvensional. Jika soal ujian konvensional dicetak dengan ukuran yang pasti dan tetap, soal pada Ujian Berbasis Komputer akan ditampilkan pada perangkat elektronik dengan berbagai ukuran. Dengan demikian, pembuatan soal Ujian Bebasis Komputer tidak bisa sembarangan.

Agar materi ujian dapat ditampilkan di semua perangkat secara responsif, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui.

  1. Tulisan dalam format gambar tidak bisa menggulung sebagaimana format teks.
  2. Tidak semua gambar dapat menyesuaikan resolusi layar. Meskipun secara teknis dapat dibuat demikian, namun jika gambar tersebut berisi tulisan dan gambar tersebut ditampilkan dalam ukuran yang sangat kecil, maka tulisan pada gambar tidak dapat dibaca.
  3. Karakter tab tidak diakui pada HTML. Untuk kerapian, gunakan tabel sebagai pengganti.
  4. Lebar karakter dan spasi putih sangat tergantung kepada font.

Usahakan soal selalu dalam format teks agar mudah ditampilkan pada semua perangkat. Gunakan aplikasi OCR (Optical Character Recognition) untuk mengambil teks dari sebuah gambar atau file PDF. Software OCR gratis dapat didownload di http://www.paperfile.net/ 

Ukuran gambar sebaiknya tidak terlalu besar dan usahakan tidak lebih dari 500 pixel. Potonglah gambar yang memiliki latar putih yang tidak diperlukan. Jika ukuran gambar terlalu besar, akan bermasalah jika soal ujian ditampilkan pada perangkat dengan ukuran kecil seperti tablet atau smartphone.

Selain hal-hal yang disebutkan di atas, pengguna perlu sering-sering latihan untuk mendapatkan hasil yang baik. Memahami konsep web dan HTML akan lebih baik.

Dibuat 10 September 2017 03:28:50
Oleh Admin
Download Semua