Fitur Baru - Diagram Batang dan Diagram Garis

Planet Edu menambahkan fitur baru pada editor ujian yaitu chart atau diagram. Chart dapat digunakan untuk membuat diagram batang dan diagram garis. Pengguna dapat memilih salah satu dari jenis diagram yang disediakan.

Pengguna dapat membuat judul diagram, keterangan untuk sumbu x dan sumbu y, label waktu, serta data dengan banyak series. Untuk menambahkan series, klik ikon + pada Series sedangkan untuk menghapus series, klik ikon -. Untuk menambah data, klik ikon + pada Rows sedangkan untuk menghapus series, klik ikon -. Masukkan data pada tiap-tap series.

Tinjauan diagram dapat dilihat pada tab Chart. Data dapat diubah kembali sesuai dengan kebutuhan.

Untuk memasukkan diagram ke editor, klik tombol Insert sedangkan untuk membatalkannya, klik tombol Cancel. Diagram akan dimasukkan ke dalam editor sebagai gambar raster dengan format PNG transparan 32 bit. Pada saat disimpan, Planet Edu akan menyimpan data tersebut sebagai file PNG sehingga akan mengurangi beban database untuk menyimpan gambar.

Diagram juga dapat disalin dari satu editor ke editor lain. Apabila penyalinan dilakukan dari server offline ke server online, pengguna perlu merender ulang diagram tanpa harus memasukkan data dari awal.

Setelah disimpan ke server, diagram ini dapat diubah kembali. Data-data yang dibuat sebelumnya akan dimasukkan kembali ke chart kemudian dapat ditambah, diubah, atau dihapus. Selanjutnya pengguna dapat menyimpan diagram yang baru.

Apabila pengguna ingin menghapus gambar lama, buka file manager dengan cara mengklik icon Insert/Edit Image kemudian hapus file gambar diagram yang lama secara manual. Meskipun file diagram terhaapus dari server, apabila diagram tersebu masih tersimpan di editor, pengguna dapat membut kembali diagram tersebut tanpa harus memasukkan data diagram secara manual dari awal.

Tampilan Tab Data

Tampilan Tab Chart

Tampilan Diagram Hasil

Dibuat 26 Nopember 2017 07:30:25
Oleh Kamshory MT
Download Semua