Informasi Planet Edu

Nilai Siswa Anjlok, KPAI Desak Kemendikbud Evaluasi UN

Yakni, pemerataan kualitas tenaga pendidik di seluruh Indonesia, memenuhi pemerataan sarana dan prasarana pendidikan yang berkualitas di seluruh Indonesia, dan meratanya atau terjangkaunya teknologi komunikasi dan informasi di berbagai sekolah di seluruh Indonesia. Sehingga, anjloknya hasil UN tahun 2018 disumbangkan sebagian besar oleh tiga prasyarat tersebut.
Baca

Mendikbud: Nilai Rata-rata UN SMP Terjun Bebas

Namun di balik penurunan itu, indeks integritas siswa SMP justru mengalami kenaikan.  Salah satunya karena 63 % siswa peserta UN SMP sudah mengikuti UN Berbasis Komputer (UNBK) di 2018.  "Tahun sebelumnya hanya 32 % yang UNBK, sekarang jadi 63 persen. Maka itu nilainya terjun bebas," tegas Muhadjir.
Baca

Konten Multimedia Pada Planet Edu

Planet Edu mendukung berbagai konten mulai dari teks terformat, tabel, daftar, gambar, persamaan, grafik, diagram, audio, hingga video. Editor yang sangat lengkap membuat pengguna dengan mudah memasukkan berbagai macam konten baik ke dalam artikel maupun soal ujian. Dukungan multimedia ini membuat Planet Edu dapat digunakan untuk membuat ujian listening.
Baca

Fitur Baru - Diagram Batang dan Diagram Garis

Pengguna dapat membuat judul diagram, keterangan untuk sumbu x dan sumbu y, label waktu, serta data dengan banyak series. Untuk menambahkan series, klik ikon + pada Series sedangkan untuk menghapus series, klik ikon -. Untuk menambah data, klik ikon + pada Rows sedangkan untuk menghapus series, klik ikon -.
Baca

Try Out Ujian Nasional Mandiri Planet Edu

Planet Edu kembali menyelenggarakan Try Out Ujian Nasional Sekolah Menekah Atas dan Sekolah Menengah Pertama. Try out ini dapat diikuti oleh seluruh siswa dari seluruh Indonesia. Seluruh siswa yang mengikuti try out tidak dipungut biaya apapun. Try out dapat dilakukan kapan saja. Seorang siswa dapat mencoba ujian yang sama berkali-kali.
Baca

Template Ujian Nasional

Pada template Ujian Nasional, soal ujian ditampilkan satu persatu. Di bagian bawah soal ujian terdapat 4 tombol yaitu "Sebelumnya", "Ragu-Ragu", "Berikutnya", dan "Kirim Jawaban". Siswa dapat menandai jawaban ragu-ragu. Planet Edu akan menolak siswa mengirim jawaban apabila masih terdapat jawaban ragu-ragu.
Baca

Mengirim Jawaban Ujian Secara Otomatis

Apabila fitur autosubmit ini diaktifkan, maka waktu siswa mengerjakan ujian dikurangi 10 detik. Pengurangan waktu ini dimaksudkan agar jawaban dapat diterima oleh server sebelum waktunya habis. Jawaban siswa akan secara otomatis terkirim tanpa konfirmasi meskipun siswa belum menjawab semua soal sama sekali atau masih ada jawaban ragu-ragu.
Baca

Aplikasi Computer Based Test Dari Planetbiru

Computer Based Test atau CBT selama ini selalu dipandang sebagai sebagai sesuatu yang sangat mahal karena harus menyediakan server, jaringan, komputer untuk digunakan oleh siswa, dan juga aplikasi ujian. Planetbiru membuat terobosan baru untuk meminimalisir biaya tersebut dengan menciptakan sebuah aplikasi CBT yang dikemas dalam sebuah mini server.
Baca

Bank Soal Planet Edu

Bagi sekolah yang telah terbiasa menggunakan aplikasi CBT atau Computer-Based Test, membuat soal ujian adalah hal yang sangat mudah meskipun soal tersebut mengandung gambar, grafik, video, audio, maupun persamaan. Akan tetapi, dengan keterbatasan waktu, tidak semua guru sempat membuat soal ujian. Oleh sebab itu Planet Edu menyediakan soal-soal ujian dalam bank soal.
Baca

Planet Edu Menyediakan Ribuan Soal Ujian untuk Sekolah

Sebelum mengambil soal ujian dari bank soal, pastikan jumlah pilihan pada bank soal sama dengan jumlah pilihan pada pengaturan ujian. Apabila guru ingin menerapkan sistem penalti, misalnya ketika jawaban benar diberi nilai 4 dan jika salah dikurangi 1, maka guru harus mengubah semua nilai pada setiap soal yang diimpor karena semua soal yang tersedia di bank soal hanya memiliki poin 1.
Baca

Belajar Menjadi Lebih Menyenangkan Bersama Planet Edu

Planet Edu menjadi media pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa dan guru. Siswa dan guru akan merasakanpengalaman baru dalam proses belajar mengajar serta ujian. Ujian menggunakan Planet Edu akan memudahkan guru menyelenggarakan ujian serta mengurangi penggunaan kertas. Kemungkinan jawaban siswa yang tercecer juga dapat dihindari.
Baca

Pemanfaatan Teknologi Digital untuk Pendidikan

Semua bidang termasuk bidang pendidikan juga terdampak oleh perkembangan tersebut. Apakah dampaknya akan baik atau buruk, tergantung kepada bagaimana kita menerimanya. Jika kita menerimanya dengan cara yang baik, maka akan baik pula dampaknya. Sebaliknya, jika kita menerimanya dengan cara yang buruk, maka akan buruk pula dampaknya.
Baca

Tips Membuat Soal Ujian dengan Rapi di Semua Perangkat

Ujian Berbasis Komputer sangat berbeda dengan ujian konvensional. Jika soal ujian konvensional dicetak dengan ukuran yang pasti dan tetap, soal pada Ujian Berbasis Komputer akan ditampilkan pada perangkat elektronik dengan berbagai ukuran. Dengan demikian, pembuatan soal Ujian Bebasis Komputer tidak bisa sembarangan.
Baca

Format Media

Media flash, quicktime, shockwave, windowsmedia dan realmedia, tidak lagi didukung oleh Planet Edu karena banyak browser tidak mendukung format ini. Penggunaan media ini dipastikan akan mengalami masalah di kemudian hari. Oleh karena itu, hindarilah penggunaan media ini untuk keperluan apapun.
Baca